Drugs Search
Pharmacy Bounty - Saving Prescriptions Online

Buy Lipira

p2

Komposisi: Gemfibrozil 600 mg
Indikasi: Pencegahan primer penyakit jantung koroner pada usia 40-55 pada penderita hiperlipidemia yang tidak responsif terhadap diet. Pengobatan penderita hiperkolesterolemia, dislipidemia campuran dan hipertrigliseridemia, atau menurut klasifikasi Frederickson tipe IIA, MB dan IV sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Pengobatan untuk hiperlipidemia lain : Frederickson tipe III dan V, Dislipidemia yang berhubungan dengan diabetes, Xanthoma yang berhubungan dengan dislipidemia.
Dosis: 2 kali sehari 600 mg, 30 menit sebelum makan pagi dan malam. Dosis 900 mg/hari diberikan pada kasus pasien yang intoleran pada dosis normal. Dosis maksimum : 1500 mg/hari dapat diberikan bila diperlukan penurunan trigliserida maksimal seperti pada penderita tipe V.
Pemberian Obat: 30 menit sebelum makan pagi dan malam
Kontra Indikasi: Penderita dengan gangguan fungsi hati atau Ginjal yang berat. Penyakit kandung empedu. Hipersensitif terhadap gemfibrozil atau komponen obat.
Perhatian: Gemfibrozil mungkin seperti meningkatkan pengeluaran kolesterol melalui empedu dan kemungkinan terbentuknya batu empedu. Bila dicurigai adanya kolestatis,maka dianjurkan pemeriksaan batu empedu. Pengobatan dihentikan bila ditemui adanya batu empedu. Sebelum terapi dimulai agar dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan adanya abnormalitas kadar lemakdarah. Selama pengobatan sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara periodik terhadap kadar lemak darah,dan pemeriksaan fungsi hati. Bila setelah 3 bulan tidak didapatkan penurunan kadar lipid plasma yang memadai,maka pemberian obat ini agar dihentikan. Keamanan pengobatan pada wanita hamil dan ibu menyusui belum diketahui dengan pasti. Keamanan dan efektivitas penggunaan pada anak-anak belum dapat dipastikan.
Efek Samping: Nyeri abdomen, diare, nyeri epigastrik, muntah, flatulence, rash, dermatitis, pruritus, urtikaria, impoten, pusing, sakit kepala, penglihatan kabur, kolestatik jaundice, angioderma, laryngeal oedema, fibrilasi atrium, pankreatitis, myastenia, miopati, rabdomiolisis, nyeri pada ekstremitas dan mialgia yang disertai dengan kenaikan kreatininkinase.
Interaksi Obat: Kombinasi dengan lovastatin dan penghambat HMG-CoA reduktase dapat menimbulkan mioglobinuria (reabdomiolisis) dan miosistis berat. Penggunaan dengan antikoagulan,dosis koagulan harus dikurangi untuk mempertahankan waktu protrombin pada tingkat yang diinginkan sehingga mencegah terjadinya komplikasi pendarahan.
Kemasan: Kaplet 600 mg x 6 x 5